Minuman Khas Keraton Surakarta

WEDANG DONGO, MINUMAN KHAS KERATON SOLO

Wedang Dongo, minuman yang satu ini mungkin sudah jarang dikenal. Meskipun ada beberapa kesamaan dari proses pembuatan dan penyajiannya, bagi sebagian orang khususnya Kota Solo mungkin akan lebih mengenal Wedang Rondhe karena memang lebih banyak dan mudah dijumpai.

Menurut cerita, dahulu Wedhang Dongo adalah minuman khas dari Keraton Surakarta. Namun dalam perkembangannya, minuman ini pun bisa dinikmati oleh masyarakat. Wedang Dongo ini sendiri terbuat dari rempah-rempah dan tanpa bahan pengawet.

Selain sebagai minuman penghangat badan seperti halnya dengan Wedang Jahe atau Wedang Ronde, minuman ini juga bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh. Apalagi saat musim dingin atau penghujan. “Selain menghangatkan badan, Wedang Dongo ini baik untuk kesehatan. Biasanya banyak pembeli kalau musim penghujan seperti ini, alasannya untuk menjaga kondisi tubuh,” ungkap Bu Untung, salah seorang pedagang Wedang Dongo saat ditemui Timlo.net, di warungnya di Jalan RE Martadinata, Solo, belum lama ini.

Wedang Dongo berbahan dari adonan tepung ketan dan garam yang dibentuk seperti kelereng yang di dalamnya diberi bubuk kacang yang telah ditumbuk kasar yang kemudian direbus bersama air jahe dan gula pasir. Biasanya bulatan tersebut diberi warna merah, hijau yang terbuat dari pasta pandan dan sebagian tetap dibiarkan putih dan disajikan bersama irisan kolang-kaling.

 

Sumber : https://web.facebook.com/Sehat.Sembuh.dengan.Makanan.Organik/posts/464475073609356?_rdc=1&_rdr

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s